Selasa, 05 April 2011

Jangan abaikan nyeri di tenggorokan

Penyakit yang sangat menyebalkan menurut versi saya adalah radang tenggorokan. Penyakit yang cukup menduduki rating nomor pertama setelah sakit gigi. Kata orang lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, kalau saya mah lebih baik sakit hati daripada meradang pada tenggorokan yang sangat menyiksa ini. Eiitss .. lebih baik ndak sakit semuanya. Ndak sakit hati, gigi maupun radang tenggorokan, sehat sungguh mahal harganya.
Radang tengggorokan bagi saya menjadi penyakit rutin yang apabila saya bertingkah sedikit 'nakal' dalam hal makan-memakan, saya akan segera mendapati penyakit ini masuk dalam kehidupan saya. Mungkin juga kepemilikan atas tenggorokan yang sedikit manja pada organ pencernaan yang saya miliki. Makan tahu Crispy sedikit aja sudah radang malamnya, ga pake air putih habis maem penggorengan eh goreng-gorengan, langsung deh kambuh ga bisa menelan. Apalagi makan makanan yang mengandung penyedap rasa yang berlebihan, Sungguh, dijamin malamnya saya siap2 meregang nyawa atas penyakit ini. Huhuuhuu ..
Gejalanya simple aja sih, udah mulai susah buat menelan sesuatu, tenggorokan kering terus, merasa batuk kering, hmm .. yang terasa adalah nyeri yang berlebihan sampai-sampai mau menelan ludah saja rasanya sakit sekaleeee .. Biasanya disertai rasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam agak tinggi, dan batuk tentunya.
Tapi, setelah saya membaca-baca beberapa referensi ternyata radang ditenggorokan mempunyai satu penyebab, yakni VIRUS .. !! huh !! DAMN VIRUS !! *kenapa saya jadi mengumpat-mengumpat begini ? Loh2 . Adapun bakteri yang paling sering menyebabkan radang tenggorokan adalah bakteri Streptococcus sekitar 15-30 persen.
Seperti inilah wajah dari tenggorokan saya yang sedang menderita penyakit : *Menyedihkann ..

0 comments:

Posting Komentar

About Us

Keep Writing ..