Rabu, 23 Maret 2011

"biarkan baris demi baris terurai dengan damai"

Seperti itulah mungkin kalimat yang bisa terucap untuk mengawali adanya sebuah proses menulis. Menulis banyak dipandang dan digambarkan seperti sebuah aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Seolah-olah sebelum menulis kita dipaksa untuk menyiapkan berbagai amunisi seperti kemampuan, bakat, dan daya pikir yang kuat untuk memunculkan kata perkata dalam selembar halaman kosong. Layaknya suatu hal yang meyulitkan, kadang menulis juga dipandang sebagai kegiatan yang membosankan, apalagi bagi mereka yang mungkin belum terbiasa dengan kegiatan menulis.
Well, sebenarnya tidak ada yang sulit didalam menulis. Satu kunci awalnya yaitu biarkan baris demi baris terurai dengan damai. Tak perlu memikirkan terlebih dahulu ide apa yang akan menjadi topik dri tulisan yang akan kita angkat nantinya. Tak perlu juga bakat yang lebih dalam memulai sebuah tulisan, toh bakat nantinya akan muncul setelah kita sering-sering melakukan latihan rutin. Mungkin yang perlu segera diatasi adalah adanya motivasi diri sendiri. Motivasi bahwasanya 'saya akan menulis', bla bla bla ..
Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan dengan menggunakan aksara. Pada pengertiannya saja sudah dapat terseirat bahwa menulis merupakan kegiatan yang tidak sulit, hanya menuangkan berbagai aksara dalam sebuah lembaran kosong dan menimbulkan sebuah alur berfikir, intinya tulisan yang nantinya terjadi tidak menjadi tulisan kosong dengan tanpa arti.
Cukup seperti itu langkah awal dalam kegiatan menulis, tidak mebutuhkan 'amunisi' banyak yang memberatkan. Hanya segenap motivasi dalam diri bahwa kita ingin menulis, kemudian mengaplikasikannya dengan segenap ide dasar yang cukup sederhana, setelah itu kembali terus berlatih untuk mengasah daya kemampuan kita untuk menulis sesuatu yang lebih 'berbobot' tentunya. Lambat laun menulis akan membuahkan kecerdasan berfikir pada diri kita apabila kita selalu melatihnya secara rutin dan dengan daya kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

0 comments:

Posting Komentar

About Us

Keep Writing ..